Kegiatan Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan 2015 diselenggarakan di Bale Swala dan Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor Bandung pada tanggal 16 September 2015. Kegiatan simposium ini bertema Komunikasi Kesehatan di Indonesia: Prospek, Tantangan, dan Hambatan dengan sub tema yang ditawarkan sebagai berikut:

  1. Teknologi, Media dan e-health
  2. Faktor Sosio Kultural dan Komunikasi Kesehatan
  3. Isu Hukum dan Etika dalam Komunikasi Kesehatan
  4. Komunikasi Kesehatan dalam Konteks Interpersonal
  5. Gaya Hidup dan Komunikasi Kesehatan
  6. Komunikasi Krisis dalam Bidang Kesehatan
  7. Kebijakan Pemerintah mengenai Kesehatan Masyarakat
  8. Komunikasi Terapeutik dalam Perspektif (Antar) Budaya
  9. Isu Metodologis dalam Komunikasi Kesehatan
  10. Teori-Teori Mutakhir Tentang Komunikasi Kesehatan

Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan ini menghadirkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp. M (K) sebagai keynote speaker. Kegiatan ini juga menghadirkan empat pembicara pada sesi pleno yaitu Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. (Rektor Universitas Padjadjaran), Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran), dr. Alma Lucyati, M.Kes, M.Si., MH.Kes. (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat), dan dr. Ahyani Raksanagara (Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung). Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. memaparkan materi mengenai Profesional Medis sebagai Komunikator Efektif, dr. Alma Lucyati, M.Kes, M.Si., MH.Kes. mempresentasikan Paradigma Sehat Upaya Promotif dan Preventif, dan dr. Ahyani Raksanagara memaparkan Pengembangan Teknologi Informasi Kesehatan di Kota Bandung.

Kegiatan Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan 2015 terdiri dari empat rangkaian acara yaitu pembukaan, sidang pleno 1, sidang paralel, dan penutupan. Acara pembukaan berlangsung mulai pukul 8.00-10.00 WIB. Acara pembukaan meliputi laporan ketua panitia, sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dan Rektor Universitas Padjadjaran, serta keynote speaker Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Acara dilanjutkan dengan sidang atau sesi pleno dengan empat pembicara yang berlangsung mulai pukul 10.30-12.00. Kegiatan pembukaan dan pleno 1 diselenggarakan di Bale Swala Universitas Padjadjaran. Setelah sesi pleno, acara selanjutnya adalah sidang paralel yang berlangsung mulai pukul 13.00-16.00. Acara sidang paralel ini terbagi menjadi dua sesi (sesi 1 pukul 13.00-14.15 dan sesi 2 pukul 14.15-15.30). Setelah sesi paralel, kegiatan diakhiri dengan acara penutupan pada pukul 16.30. Kegiatan sidang paralel dan penutupan diselenggarakan di Gedung Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Galeri Foto Unpad

Pada sidang paralel, keempat pemakalah dari Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya mempresentasikan makalah masing-masing. Fariza Yuniar Rakhmawati mempresentasikan makalah yang berjudul Grup Facebook sebagai Platform Informasi Kesehatan Studi pada Grup GESAMUN (Gerakan Sadar Imunisasi) pada sesi 1 di ruang 08 dengan tema Komunikasi Kesehatan dan Media Sosial. Nia Ashton Destrity mempresentasikan makalah yang berjudul Dimensi Etis Iklan Layanan Masyarakat Antirokok Versi Perokok Pasif pada sesi 1 di ruang 07 dengan tema Teknologi, Media, dan e-Health. Widya Pujarama mempresentasikan makalah yang berjudul Model Komunikasi Efektif untuk Peningkatan Kesadaran Ibu Rumah Tangga Muda dalam Mengkonsumsi Makanan Pokok Sehat Non Beras pada sesi 2 di ruang 07 dengan tema Teori-teori Mutakhir tentang Komunikasi Kesehatan. Yun Fitrahyati Laturrakhmi mempresentasikan makalah yang berjudul Memahami Makna Simbolisasi Kultural dan Sosial Perilaku Merokok: Studi Kualitatif pada Masyarakat Pedesaan Karisidenan Malang dalam Upaya Perumusan Model Kampanye Komunikasi Anti-Rokok pada sesi 2 di ruang 04 dengan tema Faktor Sosio Kultural dan Komunikasi Kesehatan.

Berdasarkan prosiding yang diterbitkan, peserta yang mengirimkan makalah berjumlah 97 orang. Makalah (tim peneliti terdiri dari Yun Fitrahyati Laturrakhmi, Fitri Hariana Oktaviani, dan Sinta Swastikawara) yang dipresentasikan oleh Yun Fitrahyati sebagai pemakalah perwakilan dari Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya berhasil memperoleh penghargaan sebagai makalah terbaik pada kegiatan Simposium Nasional Komunikasi Kesehatan 2015.

SIMPLE SIDE TAB