VISI

“Menjadi Program Studi yang berstandar internasional dan berjiwa entrepreneur untuk mengembangkan kajian komunikasi kontemporer dengan perspektif lokal serta mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan profesionalisme.”

MISI

Misi merupakan usaha yang berkaitan dengan penentuan arah kebijakan (policy plan) di bidang pendidikan dan pengajaran (education activity), penelitian (research), dan pengabdian kepada masyarakat (community service) untuk mewujudkan pencapaian (achiavement) visi program studi S1 Ilmu Komunikasi. Berikut paparan misi program studi S1 Ilmu Komunikasi.

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu, dosen, staf administrasi, dan staf pendukung
lainnya secara berkelanjutan dengan program yang terstruktur dan sistematis, untuk meningkatkan profesionalisme.
2. Mengembangkan kurikulum berstandar internasional berbasis kompetensi dalam kajian-kajian komunikasi kontemporer dengan perspektif lokal.
3. Melakukan evaluasi secara berkala dan menyeluruh terhadap Proses Belajar Mengajar (PBM) agar memenuhi standar kompetensi jurusan.
4. Mengembangkan penelitian yang berbasis perspektif lokal untuk menghasilkan kajian-kajian komunikasi kontemporer yang bermanfaat bagi Ilmu pengetahuan.
5. Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang emansipatoris dan partisipatif dalam upaya pembangunan bangsa.
6. Memperkuat dan mengembangkan jaringan kelembagaan ilmu komunikasi di tingkat nasional dan internasional.
7. Menjamin ketersediaan sarana dan prasarana demi menunjang implementasi kurikulum berstandar internasional berbasis kompetensi.

TUJUAN

Tujuan Jurusan Ilmu Komunikasi diturunkan dari visi, misi, dan tujuan FISIP UB, yaitu untuk menghasilkan SDM yang berkualitas yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga mampu memjadi tenaga akademis dan professional yang tangguh dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.

1. Dihasilkannya sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi.
2. Berkembangnya dan tersebarluasnya ilmu pengetahuan komunikasi serta penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
3. Terciptanya suasana akademis dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk mengantarkan mahasiswa agar lebih mandiri dalam pengembangan keilmuan dalam bidang komunikasi.
4. Dimilikinya kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.
5. Dihasilkannya lulusan sarjana Ilmu Komunikasi yang kreatif, inovatif, dan produktif serta berjiwa entrepreneur dalam mengembangkan jasa komunikasi dan industri kreatif bidang komunikasi.
6. Terselenggaranya penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu memberikan konstribusi pengembangan ilmu dan penyelesaian persoalan masyarakat.
7. Terselenggaranya program berkelanjutan untuk pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Maklumat, Motto dan Janji Layanan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya mengacu kepada,
Maklumat Pelayanan Universitas Brawijaya :

Memberikan Layanan Yang Terbaik Guna Mewujudkan Kepuasan Pengguna Jasa Layanan
Motto Universitas Brawijaya :
“Building Up Noble Future”
Janji Layanan Universitas Brawijaya :
Bertekad menerapkan sistem kerja terpadu untuk memberikan layanan yang terbaik guna mewujudkan kepuasan pengguna jasa layanan UB dalam rangka Pelayanan Prima.

Etika Pelayanan :
1. Mengawali senyum, salam, sapa
2. Wajib memakai tanda pengenal (kartu identitas)
3. Bersikap sopan santun terhadap pengguna jasa layanan UB
4. Tidak semena-mena terhadap pengguna jasa layanan UB
5. Tidak dibenarkan dalam memberikan pelayanan sambil merokok atau berkomunikasi dengan handphone atau alat komunikasi lainnya

SIMPLE SIDE TAB