Sasaran dan strategi pencapaian dirumuskan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan Program Studi sebagaimana yang dijelaskan di atas. Perumusan sasaran dan strategi yang termanifes dalam bentuk  Rencana Strategis diawali dengan pembacaan situasi dan dilanjutkan dengan penentuan isu strategis.

Penentuan isu strategis PS S1 Ilmu Komunikasi didasarkan pada hasil evaluasi diri yang dilakukan secara berkala baik oleh program studi. Selain itu, penentuan isu strategis juga tentunya  mengacu pada Renstra FISIP UB 2011 – 2015 dan 2016 – 2020 yang  disusun berdasarkan visi, misi, dan tujuan FISIP UB, tantangan ke depan, dan pertimbangan atas sumber daya dan infrastruktur yang dimiliki FISIP UB. Berikut garis besar renstra FISIP UB yang dimaksud:

  1. Tersedianya lulusan yang profesional berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship)dan mampu mengkaji serta menganalisis secara kritis berbagai permasalahan dari tingkat lokal, nasional, dan internasional;
  2. Meningkatnya budaya dan kualitas penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah;
  3. Meningkatnya kerjasama ditingkat ASEAN, Asia, dan Internasional;
  4. Terwujudnya fakultas yang bermutu dan memperoleh peringkat akreditasi terbaik dari lembaga akreditasi nasional maupun internasional;
  5. Terselenggaranya good faculty governance;
  6. Meningkatnya sarana prasarana yang memenuhi standar mutu perguruan tinggi.

Berdasarkan isu strategis PS S1 Ilmu Komunikasi ditentukan beberapa isu penting yang akan dilaksanakan program studi yaitu:

  1. Peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan kajian akademis berperspektif lokal
  2. Efektifitas dan efisiensi pengelolaan kelembagaan
  3. Peningkatan daya saing nasional menuju daya saing internasional.

Ketiga isu di atas tersebut dibagi secara spesifik ke dalam empat bidang yaitu:

  1. Organisasi dan Manajemen,
  2. Pendidikan dan Kemahasiswaan,
  3. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
  4. Penunjang Penyelenggaraan Pendidikan

Isu-isu strategis itu kemudian dijabarkan ke dalam kebijakan PS S1 Ilmu Komunikasi FISIP UB sebagai program kerja (selanjutnya disebut “PROKER”) jangka menengah selama 4 – 5 tahun ke depan. Selanjutnya proker tersebut, dipecah menjadi rencana proker tahunan. Proker ini menjadi dasar penyusunan anggaran keuangan dan acuan operasional tahunan jurusan Ilmu Komunikasi yang dinaungi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di bawah ini digambarkan skema penyusunan sasaran program.

Untuk mengetahui program kerja lebih detail dapat klik “Download Di Sini

SIMPLE SIDE TAB