Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, memahami tentang etika berkomunikasi dengan Dosen, baik secara langsung dalam penyelenggaraan perkuliahan, maupun secara tatap muka, merupakan sebuah kewajiban.

Permasalahan kerap terjadi dan menjadi perhatian bagi dosen Jurusan Ilmu Komunikasi ketika ada mahasiswa yang tidak bisa menyusun kata-kata dengan baik pada saat berkomunikasi menggunakan media, baik saat menelepon, mengirim SMS, maupun mengirim Email.

Beberapa tips yang diberikan:

1. Beri salam di awal pembicaraan/tulisan anda (terkadang terlalu to-the-point terkesan seperti melabrak atau menarget).

2. Selalu sebutkan nama lengkap dan kepentingan anda (ingat bahwa memori handphone dosen tidak akan mampu menampung semua nama anda, sehingga seringkali hanya ada nomer tidak dikenal dan pesan singkat anda saja tanpa identitas).

3. Sampaikan pesan yang diinginkan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menyingkat tidak dilarang, tetapi disarankan tidak melakukannya (menyingkat pesan menimbulkan kesan informal, dan karena kita tidak tahu kesibukan atau bagaimana mood dosen yang bersangkutan, penggunaan bahasa formal akan mengurangi kemungkinan dosen emosi karena sms anda sehingga tidak membalas pesan sama sekali.

Selamat mempraktekkan!

SIMPLE SIDE TAB