100_2518

Malang—Jelang Lustrum ke-10, segenap civitas akademika jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) makin giat berbenah diri. Dalam acara rapat kerja (Raker) yang diselenggarakan di sebuah hotel berbintang kawasan Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang pada hari Senin hingga Selasa (10-11/2) lalu, dibahas berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas jurusan. Strategi tersebut menurut Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UB Bambang Dwi Prasetyo antara lain dengan menyempurnakan kurikulum tahun 2011, memperbaiki teknik pengajaran, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada tenaga pengajar untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat doktor, serta memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan praktik lapangan sesuai dengan peminatannya masing-masing di berbagai tempat.

Salah satu grup media terbesar di Indonesia yang telah menyatakan kesediaannya  untuk bekerjasama dengan pihak jurusan adalah Kompas Gramedia Group. Perusahaan media dan percetakan yang berpusat di Jakarta tersebut menawarkan bentuk kerjasama berupa penyediaan tempat untuk magang bagi dosen dan mahasiswa yang ingin melakukan studi manajemen media maupun praktik jurnalistik. Tak hanya itu, Kompas Group juga menyatakan diri bersedia memberikan kuliah tamu pada mata kuliah-mata kuliah khususnya yang berkaitan dengan media.

Di bagian lain, Pembantu Dekan  (PD) III Ahmad Muwafik Sholeh menegaskan, strategi-strategi yang telah disepakati pada saat raker tersebut dilakukan agar output lulusan Ilmu Komunikasi UB makin berkualitas.  PD III yang juga salah satu dosen senior Ilmu Komunikasi FISIP UB itu mengatakan, “selain menjadi akademisi yang unggul, lulusan kita juga harus bisa ‘laku’ di pasaran,” ujarnya serius. Tak hanya menargetkan bisa mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi, Muwafik menargetkan, dengan berbagai strategi yang telah disusun, jurusan Ilmu Komunikasi UB mampu naik peringkat pada level nasional dari B menjadi peringkat A. Senada, Pembantu Dekan (PD) I  Maya Diah Nirwana juga mengungkapkan optimisme yang sama. Menurut pejabat fakultas yang juga dosen Public Relation di jurusan Ilmu Komunikasi UB tersebut, pihaknya yakin bahwa jurusan akan mampu mencapai target tersebut mengingat pada tahun sebelumnya, telah meraih peringkat ke-3 jurusan ilmu komunikasi    Antony menjelaskan bahwa Strategi-strategi yang telah disepakati oleh semua dosen di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya tersebut    guna menghasilkan lulusan yang unggul.

SIMPLE SIDE TAB