TIMESMALANG, JAKARTA – Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Angkatan 2016 menyelenggarakan Stadium General Senin (09/10/2017) pagi di Auditorium Nuswantara Lantai 7 Gedung B  Brawijaya.

Dalam kegiatan ini, Prodi Magister Ilmu Komunikasi  menghadirkan Prof. M. Alwi Dahlan, Ph.D, lulusan Doktor Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia yang diraih di University o Illinois at Urbana-Champaign (UIUC).

Pria yang juga dikenal sebagai ‘Bapak Komunikasi Indonesia’, hadir mengisi Stadium General dengan bertema “Membumikan Ilmu Komunikasi di Indonesia”.

Dosen Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia yang kini berusia 85 tahun, dalam kuliahnya menerangkan berbagai kisah pengalaman. Baik dalam sektor pemerintahan maupun organisasi-organisasi profesi.

“Kegiatan ini sangat istimewa karena Prof Alwi Dahlan bisa hadir disini,” kata Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr Antoni.

Antoni mengatakan kegiatan magister komunikasi dimaksudkan untuk membantu penyusunan tesis. Terdapat simulasi tentang bagaimana penyusunan tesis untuk mahasiswa.

“Kami prodi Ilmu Komunikasi khusus mendatangkan tamu, untuk memberi pengantar diharapkan semangat bisa terbangun mahasiswa,” tambahnya.

Antoni mengatakan kehadiran Prof Alwi Dahlan ini juga sangat membanggakannya. Sebab, beliau dikatannya merupakan tokoh utama sejarah Komunikasi Indonesia dan Asia.

“Kami sangat bersyukur tokoh utama sejarah Indonesia dan Asia  bisa bersedia ke sini berbagi perspektif, kajian hingga isu kontemporer komunikasi,” terangnya.

Seperti yang diketahui, kehadiran dosen aktif berusia 85 tahun di sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Sebagai pengajar aktif di Universitas Indonesia, Alwi Dahlan memiliki segudang pengalaman. Baik dalam sektor pemerintahan maupun organisasi-organisasi profesi.

Dalam sektor pemerintahan, Alwi Dahlan dipercaya menduduki beberapa jabatan-jabatan penting. Dua diantaranya menjadi Asisten III Bidang Pengawasan Pembangunan di Kementerian PAN yang dipimpin Prof. Emil Salim, Ph.D dan Menteri Penerangan dalam Kabinet Pembangunan.

Kontribusi Alwi Dahlan cukup besar bagi perkembangan Ilmu Komunikasi di Indonesia. Alwi Dahlan tercatat berkontribusi dalam pendirian sejumlah organisasi yang menaungi ilmuwan sosial, seperti Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas), Asian Media Information and Communication Center (AMIC) dan East West Centre (EWC).

Dalam kiprahnya di bidang Ilmu Komunikasi, Alwi Dahlan berkesempatan berinteraksi langsung dengan tokoh Ilmu Komunikasi dunia. Antara lain Wilbur Schramm, Charles Osgood, Ted Peterson, Gregory Bateson, Martin Fishbein, Ross Ashby, James Carey, Herbert Schiller, Steven Chaffee, William Paisley, Godwin Chu, Everett M. Rogers, dan lain-lain.

Hadir dalam Stadium Generale ini Dekan FISIP UB Drs. Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak, Ketua Program Sarjana Ilmu Komunikasi Dr. Antoni, S.Sos., M.Si., Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Rachmat Kriyantono, S.Sos., M.Si., Ph.D., para staf pengajar Program Studi S2 dan Program Sarjana Ilmu Komunikasi  serta mahasiswa Program Studi S2 dan Program Sarjana Ilmu Komunikasi dan undangan yang berasal dari Universitas di Malang yang membuka program studi Ilmu Komunikasi.(*)

Sumber

SIMPLE SIDE TAB