IMG_8183

 

MALANG – Delegasi Universitas Brawijaya untuk National Ling Art Essay Competition 2013 di Universitas Negeri Semarang tiba dengan penuh kebanggaan. Pasalnya, Verdy Firmantoro dan anggota tim Dhinar Aji Pratomo yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya berhasil meraih juara 3 di ajang bergengsi tersebut.

Dalam rangka mencari solusi bersama atas permasalahan bangsa, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kompetisi esai nasional pada 29-30 November 2013 yang bertempat di gedung dekanat FBS Kampus Sekaran. Kegiatan ini tidak lain sebagai ajang kreativitas mahasiswa dalam menghasilkann karya dengan gagasan terbaik.

National Ling Art Essay Competition 2013 dalam kesempatan ini mengambil tema Semangat Berkarya Membangun Bangsa. Dalam kegiatan ini, setelah dilakukan seleksi yang cukup ketat dengan persyaratan membuat essay dengan berbagai tema yang disediakan, akhirnya terdapat 15 finalis terpilih terbaik yang lolos untuk selanjutnya mengikuti tahap presentasi. Finalis-finalis tersebut datang dari berbagai perguruan tinggi diantaranya, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Paramadina, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), IAIN Palembang, Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Delegasi UB mengangkat subtema anti korupsi, dimana Verdy dan Dhinar di bawah bimbingan Dr. Antoni selaku dosen pembimbing merumuskan sebuah konsep Laskar Anti Korupsi sebagai Suplemen Jaringan Anti Korupsi Terintegrasi untuk Memberantas Jaringan Korupsi. Tema ini dipilih dengan pertimbangan problematika bangsa yang tidak pernah bisa lepas dari masalah pelik pusaran korupsi. Optimisme masa depan bangsa diharapkan lahir dari intelektual muda mahasiswa sebagai agen perubahan. Sehingga dari kompetisi ini mampu mewadahi aspirasi mahasiswa sebagai intelek-intelek muda yang mampu memunculkan gagasan inovatif yang mempunyai penyelesaian-penyelesaian yang solutif dan aplikatif. (vf)

SIMPLE SIDE TAB