(Malang, 24 Mei 2013) Sosialisasi program kependudukan bagi mahasiswa dalam rangka pembentukan forum mahasiswa peduli kependudukan diselenggarakan FISIP Universitas Brawijaya bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Dalam hal ini, Humphrey Alpon selaku kepala bidang pengendalian penduduk memberikan materi tentang kependudukan kepada mahasiswa yang hadir. Mahasiswa yang hadir dalam forum ini merupakan perwakilan dari BEM, DPM, HMJ, dan LSO FISIP UB. Di samping itu, Pembantu Dekan III dan ketua jurusan Sosiologi yang mewakili dekanat juga hadir.
Berbicara mengenai kependudukan tentu bukan merupakan hal yang tabu, apalagi bagi akademisi dan kaum intelektual seperti mahasiswa. Dunia kependudukan yang menyoroti semakin membludaknya jumlah penduduk menjadi subtansi dari permasalahan yang ada sampai sekarang ini. Menurut Humphrey, terdapat  empat persoalan yang perlu mendapatkan perhatian perihal kependudukan.  Diantaranya masalah kuantitas, kualitas, mobilitas, dan juga data administrasi kependudukan itu sendiri.
Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke empat dunia tentunya memiliki beragam persoalan.  Sederhana saja, dari segi kuantitas sudah sangat melimpah. Namun jumlah penduduk yang besar jika tidak diiringi dengan kualitas yang memadai akan menambah beban berat yang dipikul bangsa ini. Maka yang menjadi pertanyaan, solusi apa yang efektif menanggulangi jumlah penduduk yang semakin tidak terbendung?
`Melihat fenomena yang terjadi, Indonesia sebagai negara berkembang yang sumbangsih terbesar pendudukanya rata-rata dari masyarakat menengah ke bawah akan membuat beban hidup si keluarga menjadi sangat sulit. Himpitan ekonomi dan tuntutan anak menjadi permasalahan yang tidak terhindarkan. Namun dalam hal ini, BKKBN tetap optimis dalam membendung laju pertuumbuhan penduduk yang semakin cepat. Bekerja sama dengan kampus menjadi salah satu solusianya.
BKKBN Provinsi Jawa Timur menjalin kerja sama dengan 5 perguruan tinggi negeri di Jawa Timur dan Universitas Brawijaya salah satunya. Salah satu HMJ yang mewakili dalam forum ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMANIKA) akan turut berpartisipasi penuh dalam mendukung program-program sebagai agenda dari BKKBN Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu kerjasama ini diharapkan akan membantu mewujudkan generasi Indonesia yang lebih baik dengan kepedulian terhadap dunia kependudukan. (Vrd)

SIMPLE SIDE TAB