Himpunan alumni mengikuti Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB)

Pada Maret tahun 2012 dirintis Himpunan Alumni Jurusan Ilmu Komunikasi dengan pengurus (koordinator masing-masing angkatan) :

Widya Pujarama M.Communication, dan Isma Adilla, MA (2004),

Megasari N Fatanti, S.I.Kom (2005),

Arif Budi Prasetya S.I,Kom dan Yulanda Trisula, S.I.Kom (2006),

Dewanta Pramayoga, S.I.Kom dan  Dian Tamitiadini, S.I.Kom (2007)

Evelyn, S.I.Kom dan Ingelina (2008)

Aktivitas pada saat ini berkaitan dengan tracer study (membantu pelacakan alumni), khususnya pengembangan jejaring dan keterlibatan dalam kegiatan (alumni yang berprestasi atau telah menjadi praktisi menjadi nara sumber ataupun partisipan dalam kegiatan Jurusan Ilmu Komunikasi, antara lain FGD Masyarakat Informasi / Penyiaran, Seminar Branding, ataupun menghadirilokakarya kurikulum untuk member masukan terhadap pengembangan kurikulum)

Temu alumni dan stakeholder ini merupakan rangkaian kegiatan LUSTRUM ILMU KOMUNIKASI Universitas Brawijaya yang ke-2. Kegiatan ini bertujuan sebagai media berdialog antara alumni ilmu komunikasi FISIP dengan stakeholder yang telah ikut serta mengembangkan jurusan ilmu komunikasi selama ini. Adapun tema dari Temu alumni dan stakeholder  ini adalah “Tracer Study Alumni dan Pengguna Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi”. Turut serta mengundang alumni, dosen, karyawan, dan stakeholder di dalam kegiatan ini. Tujuannya adalah untuk mendapatkan respon (feedback) dari alumni dan stakeholder tentang kebutuhan kompetensi dari lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya. Dalam kegiatan ini mereka diharapkan dapat bertukar informasi tentang dunia kerja yang berguna bagi peningkatan kualitas lulusan, khususnya mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya. Kegiatan sarasehan ini dilaksanakan di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya dengan rangkaian acara pemaparan materi dari para alumni yang telah bekerja yang nantinya memberikan gambaran kepada audiens tentang dunia kerja mereka. Adapun selain kegiatan sharing antara alumni dan stakeholder, di dalam acara ini juga terdapat acara hiburan lain, yaitu “lelang suara pejabat FISIP Universitas Brawijaya”. Kegiatan hiburan tersebut bertujuan untuk mendekatkan alumni dengan beberapa pejabat struktural di lingkungan FISIP Universitas Brawijaya.

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB juga pernah mengadakan kegiatan “Sharing Day” dengan alumni. Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mendengar pengalaman para alumni mengenai gambaran dunia kerja saat lulus nanti dan bagaimana tips serta motivasi kerja itu dibangun. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2015, bertempat di Gedung Prof. Yogi Sugito dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang. Pemateri pada acara sharing day adalah Naima Khoiru Nisa, alumni Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 yang juga merupakan seorang penulis dan telah memiliki sebuah buku yang diterbitkan oleh Gagas Media.

Aktifitas pada saat ini berkaitan dengan tracer study (membantu pelacakan alumni), khususnya pengembangan jejaring dan keterlibatan dalam kegiatan (alumni yang berprestasi atau telah menjadi praktisi menjadi nara sumber ataupun partisipan dalam kegiatan Jurusan Ilmu Komunikasi, antara lain FGD Masyarakat Informasi / Penyiaran, Seminar Branding, ataupun menghadirilokakarya kurikulum untuk member masukan terhadap pengembangan kurikulum). Khusus pada kegiatan Temu Alumni dan Stakeholder tahun 2014, alumni sebanyak 13 orang masuk ke kelas-kelas untuk share ilmu dan pengalaman di dunia kerja).

SIMPLE SIDE TAB