Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himanika)

Universitas Brawijaya Malang

A.    PROFIL HIMANIKA

HIMANIKA adalah lembaga kedaulatan mahasiswa di FISIP yang menampung dan mewadahi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya dalam mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan sesuai dengan disiplin Ilmu Komunikasi yang sudah ada maupun potensi-potensi yang ada lainnya. Himanika selalu terbuka bagi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya yang tentunya ingin mengembangkan bakatnya.

Himanika pertama kali berdiri pada sekitar bulan September 2004, disahkan di Kota Malang, melalui SK No. 107/J10.1.16/SK/2005 oleh dekan FISIP, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S. pada tanggal 3 Agustus 2005.

Ketua Himanika yang pertama adalah Ade Bagus K (2004), yang kedua adalah Anggun W. B. N., ketiga Adhysti Citra A., keempat ialah Adioz Dendi P., kelima Rintani Janarindhita, keenam Rezha Dwi I. P., ketujuh adalah Imroatul Mufida, dan saat ini dipimpin oleh Firma Zuhdi Alfauzi.

Himanika memiliki enam divisi, yaitu :

  1. Hubungan Masyarakat (Humas)
  2. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
  3. Komunikasi Massa
  4. Manajemen Komunikasi Pemasaran
  5. Public Relation

B.     Visi – Misi

1.      Visi :

Menjadikan HIMANIKA sebagai wadah yang aspiratif, kontributif, dan mampu mengoptimalkan kapabilitas anggota dalam kinerjanya.

2.      Misi :

·         Menjadikan HIMANIKA sebagai tempat aspirasi mahasiswa komunikasi yang peduli dan selalu ada.

·         Membangun kebersamaan seluruh keluarga komunikasi melalui berbagai acara HIMANIKA

·         Meningkatkan dan mengapresiasi prestasi mahasiswa komunikasi disegala bidang.

·         Menjalin hubungan dengan berbagai lembaga dalam FISIP (dekanat, BEM, DPM, HMJ, dan LSO), lembaga di dalam Universitas Brawijaya, dan lembaga kemahasiswaan di Universitas lain.

C.    Struktur Pengurus Himanika 2013-12014

 

 

D. Program Kerja

 

NO

DIVISI

NAMA KEGIATAN

WAKTU PELAKSANAAN

DESKRIPSI KEGIATAN

1

KOMMAS

–  Bulletin “Channel 11.Comm”

 

Setiap akhir bulan selama periode kepengurusan (Edisi pertama: Mei)

Merupakan bulletin mahasiswa komunikasi, yang dikeluarkan oleh Himanika. Menyampaikan berbagai informasi baik dalam ruang lingkup sekitar komunikasi maupun UB.

Mading

Setiap bulan selama periode kepengurusan (kondisional, menyesuaikan)

Majalah dinding yang berisikan informasi seputar himpunan, kampus dan event-event tertentu, maupun karya-karya dari mahasiswa komunikasi. Dari dan untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi

CIA KOMMAS

14 November 2013

Merupakan serangkaian acara puncak Communication In Action yang dikeluarkan oleh divisi Komunikasi Massa, Kegiatannya meliputi:

1.      Seminar dari dua jenis media yang berbeda (media cetak dan media elektronik TV) kompas group.

2.      Lomba dengan ruang lingkup seluruh universitas se Jawa-Bali. Lomba dilaksanakan dengan 2 kategori, yaitu:

a. penulisan berita (feature)

b. news report

2

HUMAS

Kunjungan UB Kediri

 

1 Juni 2013

 

 

Untuk tetap menjalin tali persaudaraan antar sesama mahasiswa ilmu komunikasi. Untuk melibatkan mahasiswa ilmu komunikasi yang belajar di UB Kampus IV dalam setiap kegiatan HIMANIKA

IMIKI

 

Menyesuaikan

Untuk berperan aktif dalam upaya pemersatuan seluruh mahasiswa ilmu komunikasi di seluruh Indonesia

Bakti sosial komunikasi

14 Juli 2013

Untuk berbagi dengan sesama

Kumpul Asyik Himpunan

Menyesuaikan

Untuk menjalin silaturahm antar HMJ.

Studi Ekskursi

Minggu 1 atau 2 semester ganjil

Untuk mendapatkan informasi ataupun pengetahuan baru

Liga Futsal

Menyesuaikan

Untuk menambah penngetahuan dengan mengunjungi tempat-tampat yang dituju

3

MKP

Pengadaan PDL (Pakaian Dinas Lapangan)

 

 

 

T-Shirt Himanika

 

Juni (sedang dalam proses)

 

 

 

 

September 2013

 

 

 

Pengadaan PDL Himanika ini bertujuan untuk meningkatkan rasa saling memiliki antara pengurus Himanika periode 2013. PDL ini nantinya akan digunakan ketika Himanika mengadakan acara, gunanya sebagai penanda identitas

 

Pengadaan T-Shirt ini bertujuan untuk digunakan staff dan pengurus Himanika ketika acara non-formal, misalnya undangan dari LSO atau acara gerak jalan seperti ketika Dies Natalis misalnya, bertujuan untuk menambah kekompakan antar pengurus dan staff Himanika 2013

Pengadaan Jaket Komunikasi

Awal November 2013

Jaket ini digunakan sebagai identitas personal mahasiswa Ilmu Komunikasi

Pengadaan Jaket Varsity

Awal November 2013

Jaket ini digunakan sebagai identitas personal mahasiswa Ilmu Komunikasi

Merchandise Ilmu Komunikasi UB

 

Stiker bisa sewaktu-waktu tergantung pemesanan

 

Membuat stiket atau T-Shirt untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi UB, serta memacu rasa kreatifitas mahasiswa untuk mendesain produk sesuai dengan keinginan mahasiswa se-Ilmu Komunikasi

C.I.A Manajemen Komunikasi Pemasaran

 

Menyesuaikan dengan rangkaian acara C.I.A divisi lain

 

Bagian dari rangkaian Communication In Action Vol.9. Kali ini MKP akan mencobamenggandeng KDRI sebagai distro anak muda yang sedang naik daun untuk mengadakan Seminar tentang industri kreatif di Indonesia

plan B C.I.A MKP akan mengadakan seminar dan workshop branding produk dengan  peserta seluruh mahasiswa (khususnya Ilmu Komunikasi UB) yang mempunyai wirausaha, sehingga mereka akan mendapatkan ilmu dari ahli branding produk, agar wirausaha

 

 

Badge HIMANIKA

Mei-Juni 2013

 

Penanda identitas bagi staf untuk mereka pasang di jaket almamater, sebagai tanda bahwa mereka adalah bagian dari Himanika 2013

4

PR

Menjalanan akun sosial media milik Himanika (Twitter dan Facebook)

Awal kepengurusan – akhir kepengurusan

 

Udah jalan

 

 

CIA Vol. 8

September

Lomba company profile + workshop

Survey opini publik

kondisional

Udah jalan. Kritik saran tahun kemaren, kritik saran kepengurusan tahun ini.

Pers release

Company profile Komunikasi

Company profile himanika

 

Tiap ada kegiatan

5

PSDM

Open Recruitment

DONE

 

 

 

Himanika Organization Training

DONE

 

 

Up Grading Himanika

september 2013 (sebelum SE) refresing 30.

 

Communication Creative Festival (C2F)

6 Januari 2014

 

Himanika Apa Aja (Bonding)

26 Mei 2013 (gak sekali jalan)

 

Welcoming Communication Newbie

Oktober

 

Communication Gather With Other

Juni

 

Communication Family Outing

November

 

Communication In Action PSDM Vol.9

November

 

 

Akustik (Anak Komunikasi Diskusi Tema Asik)

Kondisional (merger advo)

 

6

ADVOKASI

Advokasi Informasi

 

 

 

 

 

Satu minggu sekali (jum’at)

 

 

Sepanjang kepengurusan periode 2013-2014. Satu hari dalam seminggu melakukan pengedaran kotak suara ke seluruh mahasiswa komunikasi (FISIP). Dibuka di hari akhir pelaksanaan pengedaran kotak. Berkoordinasi dengan bagian kemahasiswaan, akademik, jurusan, serta keuangan FISIP, agar bisa memberikan informasi penting yang tidak sampai kepada mahasiswa, terkait dengan keempat bidang tersebut.

Advokasi Maba

 

Awal masuk mahasiswa baru (kondisional)

 

Melakukan Screening mahasiswa baru angkatan 2013 yang membutuhkan advokasi, pembayaran dan informasi daftar ulang. Melakuakan kerjasama dengan advokasi BEM, DPM, dan HMJ/HMP lainnya. Serta panitia PKK MABA FISIP dan Advokesma EM UB

Advokasi Akademik

 

Pada waktu pelaksanaan KRS smester ganjil (kondisional)

Membuka stand Crisis Center. Melayani KRS mahasiswa komunikasi FISIP, semua angkatan aktif. dan bekerjasama divisi Advokasi se-FISIP

Advokasi Peduli Kasih

Setiap satu bulan sekali (di minggu ke 2), dan kondisional

Penggalangan dana untuk mahasiswa semua angkatan dan Dosen Komunikasi FISIP UB (musibah)

CIA Advokasi MAPRES (pemilihan mahasiswa berprestasi Ilmu Komunikasi)

Oktober

 

Pemilihan Mahasiswa berprestasi Ilmu komunikasi dalam 3 kategori (Prestasi Akademik, Aktif Organisasi/Telah Bekerja, dan Prestasi Non Akademik). Untuk angkatan 2010-2012

Cangkru’an Komunikasi

 

kondisional

 

Mengumpulkan seluruh keluarga besar komunikasi FISIP UB, untuk berdiskusi bersama antara mahasiswa dengan pihak dosen dan jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB. Terkait penjurusan dan hearing dengan jurusan

Kontak:

Gedung Sekretariat Bersama LKM FISIP Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang.

SIMPLE SIDE TAB