Kualitas lulusan sebuah universitas salah satunya ditentukan oleh kualitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan mahasiswa, terutama Laporan magang dan Skripsi. Beberapa permasalahan seperti perumusan masalah penelitian, etika penulisan akademik, dugaan plagiarisme pada skala ringan hingga berat, ketidakseragaman tatacara pengutipan, dan kesalahan logika karena pemilihan kosakata yang kurang tepat, kerapkali dijumpai dalam karya ilmiah mahasiswa.

Di samping itu, melihat besarnya beban pembimbingan Skripsi per dosen, serta untuk percepatan kelulusan mahasiswa, maka perlu dilakukan beberapa kegiatan untuk memperkuat dan memperkokoh teknik penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Skripsi. Untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tersebut, maka Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya memandang perlu mengadakan “Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah di Perguruan Tinggi”. Pelatihan ini diperuntukkan bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, khususnya yang sedang mempersiapkan program penulisan skripsi.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada Rabu – Kamis/11 – 12 Desember 2013 di Gedung Widya Loka Universitas Brawijaya. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kemampuan teoritik dan praktis kepada mahasiswa membuat artikel ilmiah. Pada hari pertama, peserta akan mendapat materi teoritik tentang penulisan ilmiah. Materi tersebut akan disampaikan oleh dosen-dosen Ilmu Komunikasi antara lain,  Anang Sujoko, D.COMM, Rachmat Kriyantono, Ph.D, Desi Dwi Prianti, S.Sos., M.Comn, Sri Handayani, S.Pd., M.I.Kom. Materi yang akan disampaikan meliputi, Critical Thinking; Etika penulisan artikel ilmiah; APA System dan Plagiarism; dan kaidah penulisan artikel ilmiah dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.   Pada hari kedua, peserta akan diajak mengimplemetasikan konsep dan pengetahuan teoritis teknik penulisan yang sudah dipaparkan dalam pelatihan. Berbekal pengetahuan yang telah didapatkan, peserta diminta menyusun artikel ilmiah (proposal penelitian), kemudian artikel ilmiah yang terpilih akan dipresentasikan di hadapan peserta yang lain, sehingga mendapat saran dan masukan.

Tujuan akhir pelatihan ini mampu  memberi pengetahuan dan memotivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menulis laporan Skripsi dengan lebih baik. Acara tersebut juga diharapkan membantu meningkatkan skill mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah, sehingga dosen pembimbing Skripsi bisa fokus pada esensi tulisan dan alur logika pada saat mahasiswa yang bersangkutan berkonsultasi. Selain itu pelatihan ini mampu menginformasikan tentang penegasan penggunaan sistem pengutipan APA (American Psychology Association) berstandar internasional di kalangan dosen dan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya. Semua itu merupakan bagian dari integratif untuk mencapai visi Universitas Brawijaya menjadi World Class Entepreneur University.

 

Materi Pelatihan dapat pada tautan Materi Pelatihan

SIMPLE SIDE TAB