Program Kerja  Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini disusun sebagai landasan berpijak dan merupakan arah pengembangan Jurusan Ilmu Komunikasi dalam 4 tahun ke depan sebagai kelanjutan atas Renstra Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP. Program Kerja ini juga dijiwai oleh kebijakan dasar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sehingga arah pengembangan jurusan  tetap searah dengan visi dan misi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

KEBIJAKAN DASAR DAN RENCANA PROGRAM

A. Bidang Organisasi dan Manajemen

I. Kebijakan Dasar

  1. Pengembangan manajemen organisasi yang berbasis pada penguatan database Jurusan Ilmu Komunikasi.
  2. Penyusunan dan pelaksanaan program kerja yang mengacu peningkatan kualitas kerja dalam menciptakan pelaksanaan organisasi Jurusan Ilmu Komunikasi yang profesional, sehat, transparan, akuntabel, dan dinamis.
  3. Peningkatan akreditasi kelembagaan berdasarkan standar nasional versi BAN PT dan standar internasional versi ISO : 9001 – 2008 (IWA 2 : 2007) dan WCU.
  4. Mengoptimalkan peran UJM dalam meningkatkan mutu PBM dalam Jurusan Ilmu Komunikasi.
  5. Pengembangan sumber daya manusia, baik tenaga dosen maupun pendidikan.

II. Matriks Rencana Program Bidang Organisasi dan Manajemen

Bidang Organisasi dan Manajemen

 

B. Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan

I. Kebijakan Dasar

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan pada setiap bidang kajian peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi.
  2. Penambahan jumlah dosen hingga mencapai rasio ideal 1:20, sesuai dengan kor kajian peminatan pada Jurusan Ilmu Komunikasi.
  3. Menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan program yang terukur dan evaluasi secara periodik dengan mengacu pada standar internasional.
  4. Peningkatan kualitas SDM dosen melalui pengikutsertaan dalam berbagai forum ilmiah baik nasional dan internasional
  5. Mendorong bakat dan potensi mahasiswa (akademik dan non akademik) untuk berprestasi.
  6. Peningkatan motivasi prestasi mahasiswa melalui berbagai kegiatan kompetisi yang diselenggarakan oleh jurusan.
  7. Pendidikan yang selalu adaptif dan relevan dengan kepentingan masyarakat.
  8. Pembukaan dan peningkatan pendidikan pascasarjana secara bertahap
  9. Pembaharuan kurikulum pendidikan yang dijiwai oleh semangat entrepreneur
  10. Peningkatan daya saing nasional sebagai langkah menuju daya saing internasional
  11. Peningkatan kuantitas, kualitas, kompetensi, dan profesionalisme dosen.
  12. Pengembangan inovasi dan kreatifitas ilmiah mahasiswa
  13. Pembekalan soft skill kepada mahasiswa sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi
  14. Pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa yang produktif dan mampu mengharumkan nama Jurusan Ilmu Komunikasi baik ditingkat nasional maupun internasional
  15. Pengembangan program tracer study dan peningkatan sistem informasi ketenagakerjaan bagi lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

II. Matriks Rencana Program Bidang  Pendidikan dan Kemahasiswaan

Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan

 

C. Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

I. Kebijakan Dasar

  1. Meningkatan kemauan dan kemampuan dosen dalam bidang penelitian
  2. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pemberdayaan tenaga dosen dalam bidang penelitian.
  3. Meningkatkan jumlah proposal penelitian yang dikirim ke persaingan di luar universitas.
  4. Meningkatkan peran akademik dalam pengabdian kepada masyarakat.

II. Matriks Rencana Program Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

 

D. Bidang  Penunjang Penyelenggaraan Pendidikan

I. Kebijakan Dasar

  1. Pengembangan laboratorium  baik secara kualitatif maupu kuantitatif sebagai sarana penunjang pendidikan  yang mampu memenuhi standar minimal pendidikan nasional (Lab. Jurnalistik, Lab. Public Relations, Lab. Fotografi, Lab. Film dan Animasi, Lab. Broadcasting, Studio TV, Lab. Desain Grafis dan Periklanan).
  2. Pengembangan tenaga laboran yang bersertifikasi untuk peningkatan pelayanan pendidikan.

II. Matriks Rencana Program Penunjang Penyelenggaraan Pendidikan

Bidang Penunjang Penyelenggaraan Pendidikan

SIMPLE SIDE TAB