IMG_7819Kolaborasi pemikiran dari segala perspektif saat ini sudah tidak bisa dielakkan lagi dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Bangkitnya pemikiran-pemikiran dengan perspektif non-western oleh pemikir western merupakan suatu petunjuk akan adanya kejenuhan pengembangan keilmuan hanya dari perspektif western saja. Selain itu bangkitnya negara-negara di kawasan Asia dalam percaturan politik dan ekonomi dunia di lain pihak, merosotnya ekonomi negara-negara eropa menjadi suatu pemicu bahwa negara-negara Asia mempunyai potensi yang layak dikaji.

Ilmu Komunikasi dan ilmu sosial lainnya dalam perspektif Islam, Hindu, Tao, dan India mulai menarik minat peneliti internasional untuk mengungkapkan nilai-nilai wisdom lokal yang ada dalam ajaran-ajaran tersebut. Namun demikian, belum banyaknya peneliti-peneliti dan penulis Asia yang mengangkat tema-tema tersebut menjadi sebuah tantangan sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut perlu dilakukan suatu “trigger event” untuk penulis-penulis dan peneliti Asia dalam mengangkat isu-isu non western dalam perspektif lokal.

IMG_7830Kegiatan yang akan dihadiri oleh peneliti senior sekaligus dosen dari Bernard McKenna, University of Queensland ini diharapkan akan menjadi forum pemicu bagi terutama dosen-dosen Ilmu Komunikasi FISIP UB dan dosen-dosen dari jurusan lain di lingkungan FISIP untuk mengembangkan diri dan terlibat lebih giat ke aktivitas penelitian dan penerbitan internasional. Kegiatan ini akan dilakukan pada 3 s/d 6 November 2014 di FISIP UB. Kegiatan ini dibuka Guest Lecture oleh Bernard McKenna dengan tema Critical & Postmodern Perspective Communication and Wisdom. Dilanjutkan workshop tentang Penelitian Kualitatif dan Workshop penulisan buku dan Penjajakan Kerjasama Penelitian dan Penerbitan. Tujuan kegiatan tersebut adalah berbagi pengetahuan tentang Komunikasi dan Local Wisdom dalam perspektif Kritis dan Postmodern. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dosen Ilmu Komunikasi dan dosen dalam lingkungan FISIP dalam penelitian kualitatif. Melakukan penjajagan untuk penelitian bersama antara Ilmu Komunikasi FISIP UB dan School of Business, University of Queensland, Australia. Menerbitkan buku bersama antara dosen-dosen di lingkungan Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Ilmu Pemerintahan FISIP UB dengan School of Business, University of Queensland, Australia.

SIMPLE SIDE TAB