Alumni merupakan aset yang dimiliki sebuah perguruan tinggi. Mereka bukan sekedar produk jasa dari sebuah instansi pendidikan, melainkan juga sumber daya dalam pengembangan institusi. Tujuannya tentu membangun simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi dan lulusan. Perguruan tinggi membutuhkan alumni untuk memberikan saran, kritik, serta jaringan yang mampu mendukung pengembang institusi. Kontribusi alumni dapat membantu perguruan tinggi untuk memperbaiki kualitas pendidikan perguruan tinggi tersebut. Sesuatu yang pada akhirnya meningkatkan reputasi perguruan tinggi dan membantu lulusan untuk  diserap di dunia kerja.

Beragam konstribusi yang dapat diberikan oleh lulusan. Alumni dapat membantu pengembangan serta penguatan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah. Saran dan kritik lulusan juga menjadi sesuatu yang penting karena alumni merupakan hasil pengajaran perguruan tinggi yang telah mengaplikasikannya pada dunia kerja. Prestasi yang diperoleh dari alumni juga mendukung perguruan tinggi mengembangkan citra perguruan tinggi. Hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik yang sedang menjalani proses pendidikan.  Pengalaman yang diraih juga  dapat menjadi bahan evaluasi terhadap kurikulum yang ada di perguruan tinggi.

Semiloka kurikulum  ini diadakan pada 27-28 September 2014.  Acara tersebut merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh alumni untuk menyampaikan kritik dan saran. Kegiatan ini merupakan upaya Jurusan Ilmu Komunikasi untuk menyempurnakan kurikulum tahun 2014. Penyempurnaan kurikulum ini adalah agenda 4 tahunan dalam rangka me-review kurikulum di Jurusan Ilmu Komunikasi yang memiliki 3 peminatan yaitu: Public Relations, Komunikasi Massa, dan Manajemen Komunikasi. Semiloka ini nantinya juga diharapkan mampu merumuskan Learning Outcome di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya dalam rangka mengakomodasi kebutuhan lapangan kerja dan dunia usaha saat ini. Kehadiran alumni dibutuhkan untuk memberikan saran, kritik, serta dukungan terhadap rencana revisi kurikulum Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya. Konstribusi alumni diharapkan mampu membantu jurusan ilmu komunikasi mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman dan pasar lapangan kerja.

SIMPLE SIDE TAB